Kista Hamil

Kista Pada Wanita Hamil

Tahukah anda apa itu kista? Kista adalah kantung berisi cairan yang muncul di dalam jaringan tubuh. Kista dapat muncul de berbagai organ tubuh dan salah satunya indung telur. Terkadang wanita menjadi was –was bila terkena kista dan yang terkadang menjadi pertanyaan besar apakah penderita kista masih bisa hamil atau tidak.

Walaupun wanita menderita bisa saja mereka hamil karena kista yang kecil dan masih jinak tidak akan mengganggi kesuburan bagi wanita. Kista bisa saja menyerang orang yang sedang hamil. Kista hamil yang berukuran kecil biasanya tidak akan membahayakan janin dan tidak pula menimbulkan komplikasi kehamilan. Akan tetapi bila kista hamil tersebut berukuran besar yaitu sekitar 6 – 8 cm maka dapat menimbulkan masalah bagi ibu hamil. Terkadang kista tersebut dapat pecah dan menimbulkan rasa sakit bagi ibu hamil. Substance yang pecah ini tidak membahayakan bagi pertumbuhan janin, akan tetapi sakit yang luar biasa dapat menyebabkan kelahiran bayi yang premature bahkan hingga keguguran.

Untuk mengatasi kista hamil ini, sebaiknya ibu-ibu hamil memeriksakan dirinya ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan obat pereda sakit. Kista tersebut akan mengecil dan menghilang pada umur kehamilan trimester kedua. Apabila belum menghilang juga, maka operasi pengangkatan kista perlu dilakukan. Pengangkatan kista pada usia 14 minggu kehamilan relative lebih aman karena plasenta telah terbentuk sempurna.

Bagi anda yang mempunyai masalah kista rahim, jangan panik dulu, begitu mudah sekarang mengatasi kista tanpa perlu operasi, untuk solusinya silahkan klik Terapi Kista Rahim